Pengukuran vegetatif tanaman belum menghasilkan kelapa sawit

Vegetatif tanaman adalah bagian tanaman yang mampu berkembang sendiri tanpa adanya bantuan dari alam atau manusia. Comtohnya seperti pertumbuhan akar, batang, daun dan jumlah anak daun.

Tanaman belum menghasilkan adalah tanaman yang belum mampu untuk berproduksi karena masih muda dan belum cukup umur untuk produksi.

Pengukuran vegetatif pada tanaman kelapa sawit ditujukan untuk  mengetahui pertumbuhan tanaman belum menghasilkan sehingga dapat dilakukan monitoring hingga evaluasi terhadap pertumbuhan tanaman dan pekerjaan.

Pengukuran vegetatif tanaman menggunakan beberapa perlatan pembantu yaitu meteran dan jangka sorong. Bagian bagian yang diukur adalah tinggi batang tanaman, tebal petiole, lebar petiole, jumlah pelepah, panjang pelepah, panjang anak daun, lebar anak daun dan jumlah anak daun.

1.    1. Tinggi batang tanaman

Diukur dari permukaan tanah hingga pangkal pelepah pertama

2.     2. Tebal petiole dan lebar patiole

Dilakukan dengan menggunakan jangka sorong, mengukur tebal pelepah ke 9 pada TBM 1 dan pelepah ke 17 pada TBM 2 dan 3. Pengukuran dilakukan pada pangkal pelepah perbatasan antara pelepah yang berduri dan tidak ada durinya.

3.      3. Jumlah pelepah

Seluruh pelepah yang terdapat pada pokok sampel dihitung

4.     4.  Panjang pelepah

Diukur pada pelepah sampel yaitu pelepah ke 9 pada TBM 1 dan pelepah ke 17 pada TBM 2 dan 3. Mulai dari pangkal pelepah hingga ujung daun

5.    5.   Panjang anak daun dan lebar anak daun

Pilih anak daun yang terletak tengah pelepah ditandai dengan sirip pada pelepah. Dipilih 3 pelepah bagian kiri dan 3 pelepah bagian kanan. Untuk lebar anak daun dilakukan dengan melipat bagian anak daun menjadi 2 bagian selanjutnya diukur lebar anak daun

6.     6.  Jumlah anak daun

Jumlah anak daun dihitung pada pelepah sampel yaitu pelepah ke 9 pada TBM 1 dan pelepah ke 17 pada TBM 2 dan 3.

Pokok sampel yang dipilih adalah pokok yang tidak dipinggir jalan, parit atau sungai sehingga dianjurkan mulai dari baris ke 2 atau ke 3 dan dimulai dari pokok ke 3. Untuk sampel antar barisan adalah kelipatan 10 sedangkan sampel antar pokok adalah 5 pokok.




Post a Comment for "Pengukuran vegetatif tanaman belum menghasilkan kelapa sawit"