Manfaat Pupuk Boron

Pupuk boron

Pupuk Boron memiliki unsur hara utama Barium (B). Boron termasuk dalam unsur hara mikro artinya dibutuhkan sedikit oleh tanaman, Boron diserap dalam bentuk BO3. Manfaat pupuk boron berperan dalam pembentukan sel terutama dalam titik tumbuh pucuk juga dalam pertumbuhan tepung sari, bunga dan akar. Kekurangan pupuk boron banyak terjadi pada tanah berpasir dan tanah kaya akan kapur.

Cara Aplikasi pupuk boron

Cara aplikasi pupuk boron dikelapa sawit dapat dilakukan dengan cara:

Ditabur dipiringan dengan radius 30-50 cm dari pokok

Diletakan pada batang kelapa sawit

Karena dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit dan diberikan dalam jumlah sedikit maka pupuk boron rentan tercuci sehingga aplikasi dibatang kelapa sawit menjadi solusi untuk menghindari pencucian pupuk. Pupuk yang diaplikasikan dibatang sedikit demi sedikit akan larut kedalam tanah melalui air hujan.

Kekurangan pupuk boron

Pupuk boron walaupun dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit namun jika tidak dicukupi maka akan terjadi hal-hal sebagai berikut

Bagian daun, terutama pada bagian daun muda akan terjadi klorisis. Klorisis adalah keadaan keruskaan daun akibat kegagalan pembenntukan klorofil sehingga daun tidak tumbuh sempurna. Akibat kekurangn boron mengakibatkan jaringan muda tidak dapat berkembang sehingga pertumbuhan selanjutnya kerdil. Kemudian kekurangan boron dapat dilihat pada daun yang mengeriting.

Dosis aplikasi boron

Pada tanaman muda (1-3) tahun diaplikasikan dengan dosis 60-100 gram/pokok/tahun

Sedangkan tanaman yang berusia >3 tahun diaplikasikan sebanyak 100-200 gram/pokok/tahun

Waktu aplikasi

Waktu aplikasi yang baik untuk boron adalah pada bulan lembab dengan curah hujan 50-100 mm/bulan. Tujuannya adalah pupuk tidak tercuci ketika hujan dan cepat tersedia bagi tanaman.

 

Post a Comment for "Manfaat Pupuk Boron"