Pengendalian Hama Ulat Kantong Kelapa Sawit

Pengendalian Hama Ulat Kantong Kelapa Sawit

Ulat kantung termasuk hama yang relatif sulit dikendalikan karena larva berada di dalam kantung sehingga apabila tidak tepat waktu aplikasi insektisida akan terhalang oleh kantung tersebut. Kesulitan yang kedua adalah banyaknya insektisida yang sudah dilarang. Oleh karena itu teknik pengendalian harus menerapkan ketepatan waktu aplikasi dengan stadia sensitif ulat kantung. Perkembangan ulat kantung dipantau dari kantor dengan melihat sebagian pelepah yang terserang ulat kantung. Karena persebaran ulat kantung relatif lambat maka strategi yang ditempuh biasanya dilakukan pengendalian yang dimulai dari bagian luasan terluar yang terserang hama ini, baru merangsek menuju pusat serangan ulat kantung. 

Pengendalian Populasi di Bawah Ambang Ekonomi 

Hindari penyemprotan gulma secara blanket (Clean weeding) 

Aplikasi agen hayati 

aplikasi agen hayati dan konservasi musuh alami dengan penanaman tanaman berguna, seperti Cassia spp., Crotalaria usaramoensis, dan Euphorbia heterophylla yang mempunyai peranan penting sebagai sumber pakan bagi imago berbagai jenis serangga parasitoid Metisa plana. Parasitoid Metisa plana yaitu, Dolichogenidea metesae (Basri et al., 1995; Komaruddin et al., 1998).

Pengendalian diatas ambang ekonomi

Tanaman Belum Menghasilkan 

  • Pengutipan ulat kantung pada pelepah 
  • Pemotongan pelepah dan eradikasi 
  • Infus akar dengan insektisida bertipe racun sistemik seperti Asefat dan Dimehipo. Dosis yang digunakan untuk Asefat: 10gr/100ml/pohon, sedangkan dimehipo: 10-20 ml/pohon.
  • Pemasangan Light trap untuk menarik dan memerangkap imago jantan (ngengat). Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kopulasi. Kegiatan pemasangan Light trap dihentikan jika tangkapan ngengat per malamnya 5 ekor. 
  • Penyemprotan dengan Mist Blower atau Knapsack sprayer dengan insektisida bertipe racun sistemik seperti Asefat dengan dosis 10gr/100ml/pohon dan campuran Triazofos 200 gr/l + Deltametrin 12 gr/l .

Tanaman Menghasilkan 

  • Injeksi batang dengan insektisida bertipe racun sistemik sistemik seperti Asefat dengan dosis 10-15 gr/100 ml/pohon dan Dimehipo 10-20 ml/pohon.
  • • Penyemprotan dengan Mist Blower tipe baru, dengan daya semprot vertikal hingga 11 meter. Bahan aktif yang digunakan bertipe racun sistemik seperti Asefat dengan dosis 10gr/100ml/pohon dan campuran Triazofos 200gr/l + Deltametrin 12 gr/l. 
  • • Pengasapan dengan Fogger pada malam hari. Insektisida yang digunakan berbahan aktif Sipermetrin dengan dosis 200-300 ml/ha

1 comment for "Pengendalian Hama Ulat Kantong Kelapa Sawit"

  1. sangat menarik pengendalian hama ulat kantong dikelapa sawit

    ReplyDelete